Profile

CBIPerguruan Pencak Silat “Cakra Buana” Indonesia (PPS CBI) Kota Bogor dirintis semenjak tahun 1990 di Pabaton Kp. Anyar Gg. Masjid No. 63 Bogor. Telah didirikan tanggal 20 Juni 1993 bertepatan dengan pelaksanaan Ujian Pembinaan Anggota (Jipang) pertama yang dilakukan di daerah Gunung Bunder dan baru diresmikan oleh Pengcab IPSI Kota Bogor pada tanggal 9 Januari 1994 di Puslitbang Gizi, Jl. Dr. Sumeru No. 63 Bogor.

Berdirinya PPS CBI Kota Bogor sangat berkaitan erat dengan beberapa Perguruan Silat yang telah ada sebelumnya, antara lain : PS Taji Malela, PS Ciung Wanara, PS Pajajaran Cimande, PS Mande Muda, PS Jalak Sutra, Heulang Ruyuk dan PS Elang Putih.

Perguruan-perguruan Silat tersebut memiliki ciri khas dan alirannya masing-masing. Demi meraih prestasi dan prestise yang optimal, masing-masing Perguruan tidak menerapkan seluruh aspek (4 Aspek) yang terkandung dalam Pencak Silat secara proporsional. Sedangkan empat aspek tersebutmerupakan satu kesatuan utuh, yaitu : Pencak Silat Olah Raga (Pesilaga), Pencak Silat Seni (Pesilani), Pencak Silat Bela Diri (Pesiladi), Pencak Silat Mental Spiritual (Pesilatal).

Keempat aspek tersebut diterapkan serta wajib dipelajari oleh seluruh anggota PPS CBI dengan memadukan beberapa aliran Pencak Silat (gabungan / kombinasi) dalam jurus-jurusnya hingga timbul suatu gerakan / jurus khas yang variatif dan atrktif.

Ciri khas PPS CBI lainnya adalah dapat menimbulkan atau melahirkan jurus baru secara terus menerus (berkesinambungan) dari dasar yang sama tanpa menghilangkan ketradisionalannya. Contohnya adalah dapat tercipta tepak palered A,B,C,D dan seterusnya atau misalkan jurus A,B,C,D dan seterusnya, tepak dua AB,C,D dan seterusnya. Yang menjadi jurus khasnya adalah : “ Jurus Wamael “, yaitu perpaduan antara gerakan Walet, Macan dan Elang. Sedangkan jurus wajib Persekutuan Pencak Silat Antarabangsa (PERSILAT) baru disosialisasikan sejak tahun 1998.

Sejak tahun 1995 PPS CBI sudah berpartisipasi secara aktif di kegiatan IPSI Kota Bogor termasuk mengikuti berbagai kejuaraan / lomba Pencak Silat. Prestasinya belum seberapa bila dibandingkan dengan Perguruan-Perguruan  Silat lainnya yang sudah popular. Hanya beberapa atlet saja yang pernah berhasil meraih juara I,II dan III pada tahun 1995 s/d tahun 2001untuk semua katagori yang dipertandingkan / dilombakan.

Sebetulnya ciri khas trdisional Perguruan Pencak Silat tidak akan pernah timbul apabila suatu Perguruan Pencak Silat tidak menerapkan keempat aspek yang terkandung dalam Pencak Silat secara utuh dan proporsional. Alangkah idealnya apabila IPSI Kota Bogor menjadikan hal tersebut menjadi bagian dari salah satu syarat untuk diakui / disyahkannya suatu Perguruan Pencak Silat dan sesuai dengan motto IPSI, yaitu : Pembaharuan yang berkesinambungan.

2 Responses to “Profile”

  1. Indra Says:

    Mohon bantuan info ttg alamat Cakra Buana yg ada d kota magetan jawatimur… atas bantuannya di ucapkan terima kasih… slm…

    • cbibogor Says:

      >Mas.Indra< mohon maaf, untuk sekarang Cakra Buana blm ada di kota magenta jawatimur,,,terima kasih untuk kunjungannya di blog ini.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: